Memproteksi dan Menyembunyikan Formula Excel

Memproteksi dan menyembunyikan formula excel. Untuk keperluan melindungi rumus pada excel agar tidak terhapus, baik sengaja maupun tidak, maka dapat dilakukan dengan cara memproteksi rumus tersebut. Selain memproteksi, untuk alasan tertentu misalnya pada sebuah aplikasi yang lebih rumit dan menggunakan banyak formula maka formula tersebut juga dapat disembunyikan.

Untuk memproteksi dan menyembunyikan formula (rumus) dapat dilakukan sekali jalan. Namun sebelum dilanjutkan, mungkin Anda juga perlu membaca posting yang sudah saya share tentang Ms Excel, silahkan baca cara menyembunyikan tab sheet, membuat angka berubah warna secara otomatis sesuai criteria, dan cara membuat tombol menu.

Nah untuk memproteksi dan menyembunyikan formula excel berikut ini langkah-langkahnya:
1. Hilangkan dulu semua protect pada worhsheet. Caranya blok dulu semua sel (Crtl + A). Klik Format – Format Cell (Ctrl + 1). Klik Tab Protection. Hilangkn ceklis pada Protect dan Hiden. Klik OK.
2. Sekarang blok cell cell yang ada rumus yang akan kita proteksi. Klik Format Cell kembali (Ctrl + 1) Klik Tab Protection. Ceklis pada Protect dan Hiden (untuk memproteksi sekaligus menghiden rumus agar tidak tampil pada formula bar). Klik OK.
3. Klik Tab Sheet, Klik Protection, Klik Protect Sheet. Ketikan pasword pada kolom Password to unprotect sheet. Ceklis pilihan Select Locked Cell, Select Unlocked Cell, Format Cell. Klik OK.

Silahkan mencoba, dan semoga berhasil sehingga data atau aplikasi penting yang anda buat akan lebih aman, karena sudah anda proteksi dan disembunyian formulanya.


 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »