Memberi Warna Angka Otomatis di Excel

Memberi warna angka otomatis sesuai kriteria. Posting ini merupakan kelanjutan dari posting sebelumnya yaitu memberi warna otomatis pada cell excel. Ada perbedaan dengan posting sebelumnya, cara ini akan menjelaskan pemberian warna hanya pada angkanya saja, kalau posting sebelumnya pemberian warna otomatis pada cell dan angkanya.
Cara ini akan sangat membantu bagi para guru atau pengolah data di excel untuk menemukan angka2 tertentu yang berada dibawah kriteria, sehinga terhindar dari kemungkinan terlewati jika dicari secara manual. Dengan menggunakan triks ini maka secara otomatis semua angka yang ada pada kolom/baris akan berubah warna bila angka tersebut berada dibawah kriteria yang anda tetapkan. Misalnya, jika anda seorang guru (wali kelas) saat mengisi leger nilai, maka pada nilai dibawah KKM secara otomatis akan berwarna merah.

Berikut ini cara memberi warna angka secara otomatis:

1. Buatlah tabel pengolahan data anda pada MS Excel
2. Sorot / blok kolom atau baris yang akan anda isi angka/nilai
3. Klik Format > format cell > custom
4. Pada Kotak Type tulis seperti ini:
    [Red][<70];[Black][>=70]
5. Klik OK

Keterangan: Red dan black  bisa sesuai warna pilihan anda, angka 70 juga anda gunakan sesuai dengan KKM atau kriteria angka tertentu yang anda inginkan.
Dengan menggunakn cara tersebut maka ketika anda memasukkan angka dibawah 70 maka secara otomatis warna angka menjadi merah, dan warna lainnya tetap hitam.
Selamat mencoba, semoga berhasil


 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »